Jangan Remehkan Sebuah Pelukan, 8 Manfaat Luar Biasa Ini Berasal dari Pelukan!

Kapan terakhir kali kamu berpelukan, memeluk atau dipeluk seseorang? Tahukah kamu? kalau pelukan punya banyak sekali manfaat positif untuk kita. Dilansir dari MindBodyGreen, tubuh kita memerlukan setidaknya delapan kali pelukan dalam sehari.

Karena nyatanya, pelukan tidak hanya sebagai cara untuk menunjukan rasa sayang, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan dan merangsang hormon baik dalam tubuh.

Artikel ini ditujukan untuk kamu yang masih malu atau segan untuk memberikan sebuah pelukan kepada orang yang kamu sayang atau mungkin risih saat dipeluk. Semoga setelah membaca artikel ini kamu bisa mulai untuk merangkul, memeluk orang-orang yang kamu sayang yang berada di sekitarmu ya.

Berikut 8 manfaat luar biasa dari sebuah pelukan yang mungkin tidak kamu ketahui. Sehingga, seharusnya kamu tidak perlu malu untuk memeluk semua orang yang kamu cintai! Selamat mencoba!

1. Memperkuat hubungan

Pelukan yang menjadi salah satu cara mengekspresikan perasaan kasih sayang dipercaya dapat memperkuat hubungan. Tidak hanya antara kamu dan pasangan ya, tentunya kepada semua orang yang kamu sayang.

Pasalnya, pelukan dapat memberikanmu rasa aman dan nyaman karena dianggap merupakan salah satu wujud kasih sayang seseorang. Pelukan juga merupakan tanda kepercayaan dan dapat menaikkan suasana hati.  Tidak hanya itu, di kondisi tertentu pelukan juga dapat menunjukan rasa simpati terhadap orang lain. Dengan begitu, hubunganmu dengan orang-orang tersayang pasti menjadi lebih kuat karena kamu dan mereka merasa disayangi satu sama lain.

2. Satu pelukan setara dengan meditasi

Pelukan akan membuat seseorang melepaskan beban dan masalah yang mungkin sedang dialami dan dihadapi. Beban dan masalah pekerjaan, kehidupan sosial dan lainnya tidak jarang membuat kita menjadi mudah lelah, gampang terpancing emosi dan stress. Tidak jarang juga orang memilih melakukan meditasi untuk mengatasinya.

Tapi, dengan berpelukan, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk mendaftar kelas yoga dan meditasi. Berpelukan dengan seseorang akan membuat diri kamu yang gelisah bisa menjadi sedikit tenang. Satu pelukan yang diberikan sama dengan melakukan sekali meditasi.

3. Membantu kesehatan otak dan memori

Kita semua pasti tahu bahwa otak adalah salah satu fungsi utama yang mengendalikan tubuh. Studi tentang hal ini sudah dibuktikan dan berkembang dari tahun ke tahun. Sementara itu, penelitian membuktikan bawah dengan memeluk dan dipeluk bisa membantu kita untuk memperbaiki fungsi otak. Adanya hormone oksitosi yang dihasilkan dan terangsang saat kita berpelukan, ternyata sangat berperan dalam meningkatkan ingatan kita.

Selain itu, saat berpelukan saraf parasimpatis menjadi aktif dan membantu tubuh menjadi lebih tenang.

4. Memberikan pengertian memberi dan menerima

Saat berpelukan, tanpa disadari kita sedang memberi dan menerima dalam waktu yang bersamaan.  Secara tidak langsung, pelukan sudah mengajarkan dan membuat kita mengerti arti dari memberi dan menerima. Saat kita memeluk seseorang, kita sedang memberikan perasaan kasih sayang terhadap orang tersebut. Dan saat orang tersebut memeluk kita kembali, kita juga sedang menerima perasaan kasih sayang dari orang tersebut.

Dengan begitu, pelukan menunjukan kepada kita bagaimana kasih sayang dapat berjalan dari dua arah.

5. Mengurangi berat badan

Hormon oksitosin memang merupakan hormon sejuta manfaat bagi tubuh kita. Dan salah satu hal yang membuat hormon ini terangsang dan bekerja dengan baik yaitu dengan berpelukan. Bahkan, bisa membantu kamu mengurangi berat badan yang berlebih.

Hormon kortisol yang sering membuat kita mengalami kenaikan berat badan, stress, tekanan darah tinggi, dan menderita penyakit jantung dapat diturunkan oleh hormone oksitosin ini dari hasil berpelukan tadi.

Tapi, diet yang satu ini juga tidak bisa diandalkan mentah-mentah ya, rekan. Kamu juga harus tetap menjaga pola makan yang sehat pastinya.

6. Menyembuhkan demam,  luka dan rasa sakit

Pernah dengar kalau pelukan bisa menyembuhkan demam, luka dan rasa sakit? Manfaat mengejutkan ini hasil dari studi yang menunjukan bahwa oksitosi lagi-lagi mempercepat semua proses penyembuhan di atas. Saat kecil dulu, kamu pasti akan dipeluk oleh ibu atau ayahmu. Hal tersebut ternyata sedikit banyak berpengaruh dan membantu proses penyembuhanmu.  

Saat berpelukan, pelepasan endorphin dalam tubuh juga bisa meringankan rasa sakit yang kamu alami. Endorfin bekerja menghambat jalur rasa sakit dan menenangkan rasa sakit tersebut karena meningkatnya sirkulasi jaringan lunak. Makanya, kamu pasti sering lihat dan mendengar, saat seorang ibu melahirkan, dokter atau bidan akan menyarankan sang suami untuk memeluk dan mencium istrinya.

7. Membuat tidur lebih nyenyak

Setelah memeluk seseorang, mungkin kamu akan lebih merasa dicintai dan merasakan perasaan aman. Perasaan ini bisa meningkatkan kualitas tidur kamu. Apalagi, kehadiran kortisol memungkinkan kamu memiliki waktu tidur yang nyenyak.

Tidurmu nyenyak, energimu juga pasti akan meningkat untuk kembali beraktifitas setiap harinya. Berpelukan juga membuat kita memiliki energi baru dalam hidup kita.

8. Menghasilkan jalur komunikasi yang baik

Komunikasi adalah salah satu hal penting dan krusial untuk membangun suatu hubungan. Selain berlaku lembut, dan berbicara jujur ​​dalam rangka membangun komunikasi yang baik, ternyata berpelukan bisa membantumu menghasilkan komunikasi yang baik.

Menurut Babble, pelukan dapat membuka jalur komunikasi dan melepaskan ketegangan dalam hubungan. Sebuah pelukan akan menjadi obat yang manjur untuk mengembalikan suasana setelah kamu dan pasangan berbaikan.

Leave a Comment